Fungsi Setiap Ruang Rumah Adat Aceh

Fungsi Setiap Ruang Rumah Adat Aceh

Rumah adat aceh tak ayal rumah adat aceh juga sarat akan makna dan filosofi keislaman yang sangat religius. Rumah adat di indonesia begitu luas tentunya memliki banyak kekayaan alam keberaneka ragam agama suku budaya dan adat istiadat.

Rumah Adat Aceh Nama Gambar Lukisan Dan Penjelasan

Dalam setiap bagian rumah adat aceh setiap arsitekturnya memiliki fungsi dan tujuan dibangun sesuai dengan kegunaan.

Fungsi setiap ruang rumah adat aceh. Rumah adat aceh aceh memang lekat dengan budaya islam karena aceh memang merupakan salah satu pintu masuk penyebaran agama islam di indonesia. Hal ini mencerminkan bahwasanya para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Hal ini karena ruangan ini bersifat privat.

Tentu saja setiap bagian rumah adat aceh memiliki fungsi tersendiri dan dibangun sesuai dengan kegunaannya. Rumah adat aceh krong bade. Rumah adat aceh selamat datang di jendela wawasan ibnudin.

Oleh karena itu budaya aceh seringkali tercipta dari campur baur antara budaya melayu budaya islam. Tapi sebelum membahas lebih dalam setiap ruangan rumoh aceh sebelumnya ayo kita lihat ke belakang dan lihat bagaimana sketsa gambar rumah adat aceh. Ruang depan atau biasa disebut seuramoe keue.

Provinsi paling barat di indonesia ini memang merupakan provinsi pertama tempat penyebaran agama islam. Keunikan rumah adat aceh. Ruangan ini adalah ruang inti dari sebuah rumah adat aceh ruang inong dan di tandai dengan lantai yang lebih tinggi dari ruang depan.

Ruang belakang atau biasa disebut sebagai seurameo likot. Filosofi rumah adat aceh ini terdiri dari makna yang berbeda beda dari setiap bagian rumah. Salah satu bukti dari akulturasi kedua budaya tersebut adalah rumah adat aceh atau rumoh aceh.

Negeri serambi mekkah adalah julukan untuk provinsi nanggroe aceh darussalam. Kembali membahas mengenai keunikan kebudayaan negara tercinta indonesia. Setiap bagian di rumah tersebut memiliki fungsi masing masing dan juga memiliki kegunaan masing masing.

Namun sebelum kita membahas lebih detail setiap ruangan rumoh aceh mari kita tengok ke belakang dan melihat bagaimana sejarah rumah adat aceh. Untuk menunjang fungsi praktisnya tersebut rumah adat aceh ini dibagi menjadi beberapa ruangan dengan kegunaannya masing masing yaitu. Ini merupakan ruangan inti atau ruang inong.

Untuk struktur rumah panggung berguna untuk melindungi pemilik beserta keluarga dari binatang buas gentong air di bagian depan untuk mencuci kaki ketika memasuki rumah memiliki arti jika tamu yang datang harus membawa maksud yang baik tangga dengan bilangan ganjil merupakan simbol dari masyarakat aceh. Begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat. Fungsi rumah adat selain memiliki fungsi sebagai identitas budaya rumah krong bade juga memiliki fungsi praktis yaitu sebagai rumah tinggal masyarakat aceh.

Salah satu rumah adat daerah tersebut adalah rumoh aceh rumah krong bade rumoh santeut dan rumah rangkang. Sebelum membahas lebih dalam mengenai fungsi dari ketiga bagian tersebut mempelajari sejarahnya akan memberikan lebih banyak informasi menarik bagi anda. Salah satu bentuk budaya yang akan penulis ialah rumah adat terkhusus rumah adat aceh.

Arsitektur Tradisional Di Setiap Provinsi

Doc Rumah Adat Di Indonesia Kumpulan Materi Academia Edu

Rumah Adat Sumatera Selatan Penjelasan Sejarah Dan Inspirasi Desain

5 Rumah Adat Dan Lumbung Padi

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Lengkap


0 Response to "Fungsi Setiap Ruang Rumah Adat Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel