Jurnal Rumah Adat Lampung

Jurnal Rumah Adat Lampung

Jurnal penelitian sejarah dan budaya terakreditasi issn 2085 9937. Berikut ini sekilas gambaran mengenai rumah adat lampung.

Rumah Sessat Khas Lampung Tradisi Situs Budaya Indonesia

Rumah ini disangga dengan tiang tiang penopang yang didirikan di atas pondasi hingga lantai rumah.

Jurnal rumah adat lampung. Kemiripan bentuk dan kesamaan fungsi membuat teori ini cukup banyak diyakini. Senjata tradisional badik lampung badik adalah senjata tradisional yang dapat dijumpai di beberapa wilayah di indonesia diantaranya adalah di lampung dan sulawesi selatan. Hal tersebut tidak terlepas dari sejarah yang menyebutkan lampung sebagai jalur perdagangan dunia sehingga banyak budaya dari luar indonesia yang mempengaruhi kebudayaan lampung.

Arti kata lamban adalah rumah dan pesagi adalah persegi karena denahnya berbentuk segi empat. Koran pertama di lampung adalah harian tamtama 4 oktober 1968. Oleh karena itu selain dihuni oleh suku asli lampung beberapa suku pendatang seperti jawa sunda bugis bali dan lain sebagainya kini juga bermukim dan membaur di sana.

Adat istiadat pepadun dipakai oleh orang lampung yang tinggal di kawasan abung way kanan sungkai tulang bawang pubian bagian pedalaman. Bentuk dari senjata tradisional lampung jenis tikam ini bisa anda lihat pada gambar berikut. Rumah tradisional adat lampung yaitu nuwo sesat memiliki ciri khas seperti berbentuk panggung atap terbuat dari anyaman ilalang terbuat dari kayu.

Pondasi dan tiang penyangga. Jadi bisa dibilang nuwou sesat adalah bangunan atau rumah untuk bermusyarawah para tetua adat lampung. Sedangkan sesat berarti bangunan musyawarah.

Di masa silam provinsi ini menjadi tujuan transmigrasi yang paling utama bagi masyarakat jawa. Penelusuran arkeologis memperkirakan bahwa badik mulai dikenal masyarakat lampung dari budaya masyarakat bugis yang merantau ke lampung di masa silam. Konstruksi rumah rumah adat lampung nuwou sesat berbentuk rumah panggung dengan kayu sebagai bahan bangunan utamanya.

Masyarakat lampung pepadun mengenal adanya hukum adat yang dilandaskan pada bagian adat lampung siwo migo yang berisi beragam peraturan dan larangan yang harus ditaati oleh pemimpin masyarakatnya. Kebudayaan lampung meliputi rumah adat berbagai tarian tradisional pakaian adat juga berbagai kuliner khas. Orang lampung juga sangat menghormati dan mematuhi hukum adat yang berlaku sebagai cerminan tingkah laku di jaman modern saat ini.

Kebudayaan di lampung merupakan perpaduan kebudayaan arab cina dan india. Kalangan rakyat biasa dapat tampil menjadi pemimpin dan memegang kekuasaan. Rumah adat lampung lampung adalah sebuah provinsi yang terletak paling ujung di pulau sumatera.

Seiring berjalan nya waktu bu daya lampung mengalami perubahan di karenakan teknologi yang semakin berkembang. Sesuai dengan namanya nuwou sesat digunakan sebagai balai pertemuan adat antar penyimbang tetua masing masing marga pada saat mengadakan pepung adat atau musyawarah. Badik yang ada di lampung maupun di sulawesi memiliki bentuk yang sama akan tetapi belum diketahui secara pasti asa badik tersebut.

Rumah adat lampung yang terdapat di lampung barat disebut dengan nama lamban pesagi.

Https Journal Unnes Ac Id Sju Index Php Solidarity Article View 19564 9284

Jual Miniatur Rumah Adat Lampung Nuwo Sesat Dari Bambu

Lokalitas Struktur Material Konstruksi Rumah Adat Sapo Battoa

Http Jurnal Untan Ac Id Index Php Lb Article Download 25383 75676577023

Lagu Daerah Lampung Cangget Agung Universitas Malahayati


0 Response to "Jurnal Rumah Adat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel