Materi Rumah Adat Lampung

Materi Rumah Adat Lampung

Salah satu budaya yang paling menonjol bagi masyarakatnya adalah. Rumah adat di indonesia begitu luas tentunya memliki banyak kekayaan alam keberaneka ragam agama suku budaya dan adat istiadat.

Rumah Adat Lampung Beserta Ciri Khasnya Gambar Lengkap

Wilayah yang dekat dengan pulau jawa ini memiliki ragam budaya yang tak hebatnya dengan wilayah wilayah lainnya.

Materi rumah adat lampung. Misalnya saja rumah adat lampung yang memiliki desain khas dan memiliki nilai dan filosofi tersendiri seperti rumah rumah di pulau sumatera. Begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat. Pertama upacara adat yang berhubungan dengan daur hidup atau lingkaran hidup kehamilan kelahiran masa kanak kanak masa dewasa perkawinan dan kematian.

Rumah adat lampung umumnya terdiri dari bangunan tempat tinggal disebut lamban lambahana atau nuwou bangunan ibadah yang disebut mesjid mesigit surau rang ngaji atau pok ngajei bangunan musyawarah yang disebut sesat atau bantaian dan bangunan penyimpanan bahan makanan dan benda pusaka yang disebut lamban pamanohan. Pada umumnya rumah adat ini memiliki ukuran yang sangat besar tapi pada zaman sekarang ukuran rumah adat ini dibuat tidak terlalu besar. Disamping rumah dan tarian adatnya lampung juga memiliki budaya lain yang khas.

Upacara adat lampung lengkap penjelasannya seperti daerah lainnya secara garis besar upacara adat di provinsi lampung dikelompokkan menjadi dua. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai materi rumah adat lampung lengkap di bawah ini. Rumah adat nowou sesat merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi lampung.

Hal ini mencerminkan bahwasanya para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Adat istiadat pepaduan dipakai oleh orang lampung yang tinggal di kawasan abung way kanan sangkai tulang bawang pubian bagian pedalaman. Bangunan tempat tinggal disebut lamban lambahana atau nuwoubangunan ibadah disebut mesjid mesigit surau rang ngaji atau pok ngajeibangunan musyawarah disebut sesat atau bantaianbangunan penyimpanan bahan makanan dan benda pusaka disebut lamban pamanohan.

Tari cangget merupakan tarian adat lampung muda mudi yang pada tahun 1942 sebelum bangsa jepang datang ke indonesia dikatakan selalu tampil pada acara berkaitan dengan gawi adat seperti upacara mendirikan rumah panen raya dan juga digunakan ketika mengantar seseorang yang akan pergi beribadah haji. Pakaian adat ini sering digunakan para pengantin sebagai simbol kebesaran budaya lampung. Pakaian adat lampung lampung sebagai kota dengan julukan kota pisang ini memiliki kekayaan budaya yang sangat mempesona.

Rumah adat lampung lengkap gambar dan penjelasannya rumah adat tradisional lampung umumnya terdiri dari beberapa jenis bangunan. Pakaian ini juga kadang digunakan dalam pertunjukan seni tari daerah lampung seperti tari sembah tari bedana dan lain sebagainya. Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya seperti panggung dan terdapat ornamen yang khas pada bagian sisi bangunan.

Masyarakat lampung pepaduan mengenal adanya hokum adat yang dilandaskan pada bagian adat lampung siwo migo yang berisi beragam peraturan dan larangan yang harus ditaati oleh pemimpin masyarakatnya. Pakaian adat lampung adalah peninggalan budaya lampung yang sangat khas dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Rumah Adat Lampung Barat Timur Dan Pesisir Lengkap

Desain Rumah Adat Lampung Desain Rumah Modern

Rumah Adat Lampung Nama Gambar Dan Penjelasannya Adat Tradisional

35 Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Beserta Gambar

Rumah Adat Indonesia Terlengkap Terpopuler Dan Penjelasannya


0 Response to "Materi Rumah Adat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel