Makna Rumah Adat Sulawesi Selatan

Makna Rumah Adat Sulawesi Selatan

Rumah adat bagi masyarakat sulawesi selatan menjadi sesuatu yang sakral karena di setiap bagiannya memiliki filosofi atau makna tersendiri. Detiktravel mendapat undangan dari kementerian pariwisata untuk berkunjung ke toraja kamis 2712017.

Mengenal Rumah Adat Dulohupa Di Gorontalo Sulawesi Utara Bpsmp

Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu.

Makna rumah adat sulawesi selatan. 10 tari tradisional sulawesi selatan tradisikitamyid sulawesi selatan dihuni oleh beberapa suku bangsa yang terdiri dari suku bugis makassar mandar toraja duri pattinjo bone maiwa endekan pattae dan suku kajangkonjo. Setiap suku adat yang tinggal di sulawesi selatan memiliki adat dan tradisi sendiri. Setiap daerah punya rumah adat khas masing masing yang tentunya dengan keunikan dan karakteristiknya tersendiri rumah adat budaya erat kaitannya dengan adat istiadat masyarakat didaerah tersebut itu mengapa rumah adat tiap tiap daerah berbeda beda berikut ini beberapa rumah adat yang ada di sulawesi selatan.

Rumah adat sulawesi selatan rumah tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. Rumah adat pakayan adat senjata tradisional dan tarian adat sulawesi selatan pakayan adat sulawesi selatan sulawesi selatan adalah sebuah provinsi di indonesia yang terletak di bagian selatan sulawesi.

Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Sejarah suku bugis rumah adat bahasa kebudayaan kesenian dan keadaan geografis adalah salah satu suku yang ada dipulau sulawesi. Di balik itu semua rumah adat sulawesi selatan memiliki nilai artistik yang tinggi.

Mulai dari status sosial sampai arti hidup semua terukir di sana. Suku bugis sekarang tidak hanya dipulau sulawesi tetapi sudah tersebar di seluruh indonesia. Masing masing suku yang hidup dan tinggal di sulawesi selatan mempunyai ciri khas adat dan kebudayaannya masing masing salah satunya adalah dalam gaya berpakaian.

Rumah adat suku makassar dalam bahasa makassar rumah disebutballa atau bola. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Tana toraja tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna.

Pakaian adat sulawesi selatan provinsi sulawesi selatan dihuni oleh penduduk dari latar belakang yang heterogen. Di antara penduduk penduduk tersebut suku makassar suku bugis dan suku mandar adalah yang paling dominan. Masyarakat toraja memang dikenal masih memegang teguh adat dan budaya salah satunya tongkonan.

Rumah adat sulawesi selatan. Rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya.

Membedah Rumah Tradisional Suku Bugis Makassar Tradisi Situs

Rumah Adat 34 Provinsi Di Indonesia Gambar Dan Penjelasannya

Makna Rumah Limas Rumah Tradisional Palembang Youtube

Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Bugis Keunikan Ciri Khas Gambar

Sejarah Dan Keunikan Dari Rumah Adat Bugis


0 Response to "Makna Rumah Adat Sulawesi Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel