Nama Lain Rumah Adat Kalimantan

Nama Lain Rumah Adat Kalimantan

Rumah adat kalimantan tengah kalteng disertai gambar nama dan keterangannya lengkap kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Rumah panjang dalam bahasa dayak kanayatn rumah adat kalimantan barat disebut dengan rumah radakng atau rumah panjang.

Mengenal Betang Raya Dori Mpulor Rumah Adat Dayak Kabupaten

Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang.

Nama lain rumah adat kalimantan. Pada bagian dalam dalam istana akan terdapat singgasana sebagai tempat sultan mengadakan pertemuan dan upacara. Rumah ini dibuat tidak hanya sebagai tempat tinggal melainkan memiliki nilai adat yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya. Nama rumah lamin memiliki arti rumah panjang kita semua di mana rumah ini digunakan untuk beberapa keluarga yang tergabung dalam satu keluarga besar.

Keunikan yang dimiliki oleh rumah adat ini terletak pada struktur dan ukuran bangunannya. Rumah adat baloy merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan utara. Keinginan menyampaikan mengenai rumah tradisional kalteng memang sudah sejak lama ada meski baru kesampaian sekarang.

Rumah adat baloy terinspirasi dari rumah adat suk tidung yang juga berada di kalimantan utara. Karena rumah betang kalimantan tengah bukan hanya milik masyarakat dayak di kalimantan akan tetapi menjadi milik bangsa indonesia. Rumah tetap tersebutlah yang menjadi rumah adat kalimantan barat.

Berbeda dengan rumah panggung lain yang umumnya pada bagian kolong rumah akan dimanfaatkan sebagai kandang hewan ternak pada rumah adat kalimantan barat ini bagian kolong tidak akan dipergunakan sebab jenis tanahnya adalah rawa. Rumah lamin merupakan rumah adat suku dayak khususnya yang berada di kalimantan timur. Keunikan dari suku dayak wehea ini adalah tidak mengenal rumah adat kalimantan timur seperti rumah batang atau rumah lamin seperti suku dayak lain yang ada di kalimantan timur namun rumah adat orang dayak wehea ini disebut dengan eweang yang dulunya merupakan rumah rumah panggung tinggi saling terhubung dengan jembatan dan biasa disebut dengan.

Sesuai namanya rumah adat ini merupakan rumah panggung setinggi 5 8 meter dari permukaan tanah dan berbentuk persegi panjang dengan panjang hingga 180 meter. Rumah betang adalah rumah adat yang berasal dari kalimantan tengah. Rumah adat kalimantan hallo teman teman semua ketemu lagi dengan baabun baabun kali ini akan menulis artikel yang mengulas tetntang rumah adat kalimantandari tanggal 25 oktober yang lampau telah diresmikan sebuah provonsi baru di daerah kalimantan yaitu provinsi kalimantan utara.

Rumah adat kalimantan timur rumah adat kalimantan timur adalah rumah lamin. Rumah ini yang sebetulnya merupakan rumah identitas suku dayak kenyah ini ditetapkan menjadi rumah tradisional provinsi kalimantan timur pada tahun 1967. Rumah betang memiliki beberapa fungsi di antaranya untuk melindungi penghuni dari binatang buas menghindari dari terjadinya banjir dan melindungi penghuni dari serangan musuh.

Selain rumah betang di kalimantan tengah juga kita mengenal beberapa rumah adat lainnya seperti rumah baanjung baanjung adalah nama kolektif untuk rumah tradisional suku banjar dan suku dayak bakumpai.

34 Nama Rumah Adat Tradisional Di Indonesia Beserta Gambarnya

4 Rumah Adat Kalimantan Barat Gambar Penjelasannya Lengkap

Rumah Adat Kalimantan Tengah Rumah Betang Gambar Dan

Rumah Adat Kalimantan Barat Ciri Khasnya Gambar Lengkap

Rumah Adat Kalimantan Timur Nama Gambar Makalah


0 Response to "Nama Lain Rumah Adat Kalimantan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel